Rabu, 01 April 2015

Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara TNI AD Tahap II Kecabangan Infanteri TA. 2015









Rabu (1/4) 2015, bertempat di lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara TNI AD Tahap II Kecabangan Infanteri TA. 2015. Sebagai Inspektur Upacara adalah Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Tandyo Budi R.
Sebagai kelanjutan dari pendidikan pembentukan, pendidikan Kecabangan Infanteri ini bertujuan untuk membentuk kemampuan Bintara siswa agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, memiliki pengetahuan dan keetrampilan sebagai Komandan Regu Senapan di Kecabangan Infanteri serta memiliki jasmani yang samapta.
Guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan sebagaimana yang disampaikan, maka nantinya para Bintara siswa akan diajarkan dan dilatihkan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan Kecabangan Infanteri meliputi bidang studi Militer Umum, Militer Kecabangan, Studi Staf dan Yudha Wastu Pramuka.
Dalam bidang studi militer kecabangan, para Bintara siswa akan diajarkan dan dilatihkan tentang teknik dan taktik Kecabangan Infanteri yaitu meliputi Teknik Dasar Pertempuran, Pengetahuan SMR/SMS dan STTB, Menembak, Ilmu Medan, Pioner, Survival, Sanjak, Disiplin Tempur, Infiltrasi dan Eksfiltrasi, Kesehatan Lapangan, Menembak Mortir dan Nubika.
Sedangkan materi taktik kecabangan meliputi Taktik Regu Senapan, Taktik Peleton Senapan dan Bantuan, Pengetahuan Operasi Gerilya, Regu Senapan Dalam Operasi Lawan Gerilya dan Operasi Mobud, Taktik Dasar Patroli, Patroli Pengintaian serta Patroli Tempur.

Selain materi teknik dan taktik kecabangan, juga dibekali Pengetahuan Hukum, Hukum Administrasi Militer dan Hukum Sengketa Bersenjata/Humaniter serta HAM.
Pembekalan Pengetahuan HUkum dan HAM sangat penting dalam memberikan wawasan sekaligus rambu-rambu bagi Bintara siswa tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang prajurit di lapangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pelanggaran yang dapat merusak citra TNI Angkatan Darat.
Mengingat banyaknya materi yang diberikan dikaitkan dengan terbatasnya waktu yang ada, maka ditekankan agar memperhatikan dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh seluruh materi yang akan diajarkan dan dilatihkan oleh pelatih atau instruktur.
 

Rindam IX/Udayana Copyright © 2009 Blog is Designed by Opr Rindam IX/Udy at Tabanan