Rabu, 15 April 2015

Peringatan HUT ke-69 Persit Kartika Chandra Kirana dan HUT ke-51 Dharma Pertiwi











Rabu (15/4) 2015, bertempat di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana dilaksanakan Peringatan HUT ke-69 Persit Kartika Chandra Kirana dan HUT ke-51 Dharma Pertiwi. Dharma Pertiwi  memperingati hari ulang tahun ke-51 yang tepatnya jatuh pada tanggal 15  April 2015 dan  HUT Ke-69 Persit Kartika Chandra Kirana yang  jatuh pada tanggal 3 April 2015. Untuk di Wilayah Kodam IX/Udayana peringatan HUT dipimpin Ibu Lisa Torry Djohar BT selaku ketua Dharma Pertiwi Daerah “J” dan Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana.
Kedua organisasi ini sesungguhnya mempunyai tugas yang mulia yaitu membina dan meningkatkan kondisi mental dan fisik, kesejahteraan keluarga, rasa persaudaraan serta kekeluargaan berdasarkan rasa senasib, sepenanggungan, seperjuangan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan serta kesadaran nasional bagi seluruh isteri anggota TNI. Demikian mulianya bhakti pahlawan putri ini,  tugas yang diemban sangat  sesuai dengan tema yang diusung dalam peringatan hari ulang tahun ini untuk Dharma Pertiwi, berbunyi “Dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, Dharma Pertiwi bertekad meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kesehatan guna mewujudkan kesejahteraan keluarga TNI” dan tema Persit Kartika Chandra Kirana “Dengan dilandasi kebersamaan, Persit Kartika Chandra Kirana bertekad menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera guna mewujudkan generasi yang berkualitas.









Dalam peringatan hari ulang tahun ini Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro selaku Pembina Dharma Pertiwi Daerah “J”  dan sekaligus Pembina Persit Kartika Chandra Kirana, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Dharma Pertiwi Daerah “ J “  dan Persit kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana semoga di hari ulang tahun  ini, keberadaan kedua organisasi yang kita cintai semakin eksis dalam mengemban dharma bhakti sebagai organisasi induk isteri prajurit TNI yang mengutamakan pembinaan anggota dan keluarganya, maupun sebagai organisasi yang mengemban misi sosial kemasyarakatan, pendidikan dan kesehatan guna mewujudkan kesejahteraan keluarga TNI.
Manfaatkan momen Hari Ulang Tahun ini sebagai sarana introspeksi terhadap berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama kurun waktu satu tahun terakhir, pertahankan dan tingkatkan keberhasilan yang sudah dicapai dan kelemahan dan kekurangan hendaknya diperbaiki  guna peningkatan pengabdian di masa yang akan datang untuk menjadi lebih baik. Ada dua peran yang harus dipahami oleh ibu-ibu sebagai isteri prajurit, pertama peran ke dalam, adalah peran yang dilaksanakan oleh ibu-ibu baik sebagai pendamping suami, ibu rumah tangga dan pengasuh maupun pendidik anak-anak. Peran ini harus dilaksanakan dengan baik sehingga kehidupan di dalam   rumah tangga dapat berjalan harmonis, dimana kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak-anak dapat terarah dengan bagus dan benar menjadi anak yang pintar, pandai dan berguna bagi bangsa dan negara serta berbakti kepada kedua orang tua. Selain itu perhatikan juga masalah kesehatan keluarga khususnya anak-anak agar menjadi anak yang sehat dan keluarga sejahtera. Kemudian kedua, peran ke luar, Ibu-ibu bersama-sama dengan warga masyarakat dan organisasi kemasyarakatan lainnya harus mampu bekerja sama secara terpadu guna membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat di sekeliling kita. Kegiatan sosial kemasyarakatan yang ibu-ibu lakukan di luar yaitu di lingkungan masyarakat sesungguhnya merupakan sumbangsih yang sangat besar bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI. Kedua peran ini harus berjalan selaras dan serasi, jangan sampai ada salah satu peran yang diistimewakan atau dikesampingkan demikian tegas pangdam.









Hadir pada kesempatan ini, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, Dan Lanal Benoa dan Dan Lanud Ngurah Rai serta sejumlah undangan lainnya.
 

Rindam IX/Udayana Copyright © 2009 Blog is Designed by Opr Rindam IX/Udy at Tabanan